Wonogiri-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (LPMP Jateng) melaksanakan Uji Coba Instrumen Pemetaan Mutu Pembelajaran Jenjang SMP di SMP Negeri 2 Baturetno, Kabupaten Wonogiri pada hari Selasa, 26 Oktober 2021. Sekolah ini merupakan salah satu Sekolah Zona Harapan yang difasilitasi oleh LPMP Jateng dalam pengembangan mutu pembelajaran sesuai dengan pola Asesmen Nasional (AN).

Kegiatan diikuti oleh 20 siswa kelas 8,  dari SMPN 1 Baturetno, SMPN 2 Baturetno, SMPN 1 Batuwarno, SMPN 2 Batuwarno, dan SMP Muhammadiyah 2 Baturetno. Selain siswa, peserta juga berasal dari unsur guru dari masing-masing sekolah dan Kepala SMPN 2 Baturetno. Peserta dari Guru dan kepala sekolah mengisi instrument Survei Lingkungan Belajar. Sedangkan, untuk siswa, mengerjakan instrument secara lengkap, yakni Literasi, Numerasi, Survei Karakter dan Survei  Lingkungan Belajar.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Negeri 2 Baturetno, Sumanto, S.Pd. M.M., menyampaikan, “Kami dari 5 sekolah ini siap mendukung dan mensukseskan kegiatan ujicoba instrument pemetaan mutu dari LPMP Jateng.” Beliau menyampaikan juga bahwa peserta kegiatan berasal dari 2 sekolah zona harapan, 1 sekolah swasta dan 2 sekolah negeri berakreditasi A. Kegiatan-kegiatan pada sekolah zona harapan cukup banyak, sejak dari Bimtek Pemenuhan Mutu Pembelajaran In Service I secara online, Pendampingan secara online dan offline, dan Bimtek In Service II secara tatap muka di LPMP Jateng yang baru selesai pada hari Sabtu kemarin.

Baca : Ujicoba Instrumen Pemetaan Pemenuhan Mutu Pendidikan di SMAN 1 Wonogiri

Kegiatan ujicoba dilaksanakan sejak pukul 07.00. dimulai dengan registrasi, persiapan dan upacara pembukaan. Rangkaian acara upacara pembukaan meliputi: prakata dari pembawa acara, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia raya,  sambutan dari Tim LPMP Jateng, Sambutan dan Pembukaan Resmi dari Kepala SMPN 2 Baturetno, Pembacaan Doa, dan Penutup oleh Pembawa Acara.

Dalam rangka menjaga protocol Kesehatan serta pencegahan penularan COVID 19, Peserta dan panitia mendapat Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, tisu dan penghangat tubuh/pelega pernafasan. Selain itu, disediakan pula alat tulis berupa pencil dan karet penghapus. Kemudian tepat pukul 08.00 pengisian instrument dimulai dan berakhir pukul 12.30. Setelah peserta menerima pembagian makan siang, peserta dipersilahkan meninggalkan tempat kegiatan. (DAR)

Siap. Peserta dari SMPN 1 Baturetno, SMPN 2 Baturetno, SMPN 1 Batuwarno, SMPN 2 Batuwarno, dan SMP Muhammadiyah 2 Baturetno Siap Mengikuti Kegiatan Uji Coba Instrumen Pemetaan Mutu Pembelajaran  (Photo by Dennie)

Sambutan. Kepala SMPN 2 Baturetno, Sumanto, S.Pd., MM., beserta Tim LPMP Jateng Mengikuti Upacara Pembukaan Kegiatan Uji Coba Instrumen Pemetaan Mutu Pembelajaran Jenjang SMP (Photo by Dennie)

Instrumen SLB. Kepala SMPN 2 Baturetno, Sumanto, S.Pd., MM., Mengisi Instrumen Survei Lingkungan Belajar. (Photo by Dar)


Hadir Lengkap. Peserta dari Unsur Guru Hadir Lengkap (Photo by Dar)

Serius. Siswa dari Kelima Sekolah dengan Tenang dan Penuh Konsentrasi Mengerjakan Instrument Numerasi, Literasi, Survei Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. (photo by Dar)

Berpamitan. Setelah Kegiatan Selesai, Tim LPMP Jateng menyampaikan Ucapan Terimakasih kepada Sekolah atas Perannya sebagai Ujung Tombak dan Ujung Tombok dalam Semua Kegiatan LPMP Jateng. (photo by Dar)