Kepuasan dan Kategori Pengaduan Pengunjung Tatap Muka di ULT LPMP Jawa Tengah Melalui Survey Pengunjung Bulan Januari 2020

  • Kepuasan Pengunjung

Keterangan Penilaian pada diagram:

P1   : Persyaratan layanan;

P2   : Prosedur layanan;

P3   : Waktu pelayanan ULT sesuai dengan jadwal yang di informasikan;

P4   : Biaya / tarif  (tidak dipungut biaya layanan);

P5   : Produk spesifikasi jenis layanan : (tersedia jenis-jenis produk layanan dari unit-unit utama satu pintu layanan terpadu);

P6   : Petugas pelayanan memiliki pengetahuan yang cukup;

P7   : Penjelasan petugas layanan dapat dipercaya;

P8   : Petugas layanan memberikan sambutan yang simpatik, baik dan ramah terhadap tamu/pemohon dalam menyampaikan permasalahan;

P9   : Petugas layanan sabar dan penuh pengertian dalam menangani tamu/ pemohon,;

P10 : Maklumat pelayanan (kesanggupan dan kewajiban petugas menindaklanjuti / menyelesaikan permasalahan);

P11 : Pengelolaan pengaduan (Penanganan terhadap keluhan dan pengaduan).

Dari hasil pengukuran tingkat kepuasan pengunjung tatap muka di ULT (Unit Layanan Terpadu) LPMP Jawa Tengah bulan Januari 2020 dapat dilihat bahwa secara umum tanggapan pengunjung yang berjumlah 51 orang memberikan nilai sangat memuaskan. Penilaian Sangat Baik mencapai skor tertinggi adalah penilaian terhadap Biaya / Tarif : tidak dipungut biaya layanan mencapai rata-rata 84%.

Hal ini memberikan motivasi pada ULT LPMP Jawa Tengah untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan terus meningkatkan kepuasan pengunjung LPMP Jawa Tengah.

Ada empat (4) pilihan kriteria yang harus dipilih oleh responden dalam mengisi survey kepuasan pengunjung tatap muka di ULT Jawa Tengah, yakni:

  1. Sangat Baik
  2. Baik
  3. Buruk
  4. Sangat Buruk
  • Kategori Pengaduan Pengunjung

Dari hasil pengukuran tingkat kategori pengaduan pengunjung tatap muka di ULT LPMP Jawa Tengah bulan Januari 2020, dapat dilihat bahwa ada empat (4) kategori, diantaranya adalah:

  1. Dapodik
  2. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  3. Penilaian Angka Kredit (PAK)
  4. Sertifkasi/Pendidikan Profesi Guru (PPG)
  5. Rapor Mutu/PMP
  6. Tunjangan Profesi Guru
  7. Legalisir

Di bulan Januari 2020 kategori pengaduan pengunjung yang paling banyak adalah tentang NUPTK mencapai 43%, selanjutnya tentang PAK sebesar 33%, PPG/Sertifikasi mencapai 14%, Rapor Mutu 4% selanjutnya Dapodik, Tunjangan Profesi Guru, Legalisir masing-masing 2%. (HS)