Surakarta. LPMP Jateng, Tim Satuan Pengawas Intern (SPI) Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)  Provinsi Jawa Tengah melaksanakan pemantauan penyusunan laporan kinerja (LAKIN) LPMP Jateng tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di The Sunan Hotel Solo, Jl Ahmad Yani no 40 Surakarta. Penyusunan ini berlangsung selama 3 hari, Senin-Rabu, 13-15 Desember 2021, dengan melibatkan 40 orang peserta dari unsur koordinator dan penyusun program/kegiatan LPMP Jateng. Turut diundang dalam kegiatan ini peserta dari unsur Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Kabupaten Klaten, Sukoharjo, Sragen dan Karanganyar. Hal ini untuk memberikan warna yang berbeda terhadap laporan kinerja yang akan dihasilkan. Data dan kondisi lapangan yang mereka bawa akan menjadi input yang penting dalam LAKIN.

Pelaksanaan penyusunan LAKIN sesuai dengan Perpres No 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Diamanatkan bahwa setiap instansi pemerintah wajib mengimplementasikan SAKIP (Sistem Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah). Mulai dari perencanaan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi kinerja. Setiap instansi pemerintah wajib menghasilkan kinerja yang optimal sebagai tanggungjawab atas anggaran yang telah diamanatkan.

Fitriani menyatakan “Tampilan laporan kinerja masa kini bukan hanya harus lengkap dan akurat, tapi harus menarik dan memotivasi orang untuk membacanya”. Anggota SPI LPMP Jateng yang merupakan alumni jurusan Statistik UNDIP ini menambahkan bahwa sebagai laporan pertanggungjawaban LAKIN pasti akan banyak berisi angka-angka.  Tim penyusun harus mencari cara menampilkannya dengan cantik, misal dengan permainan grafis yang penuh warna dan deskripsi yang cukup singkat tak bertele-tele.

Koordinator Pengawasan Pengelolaan Keuangan SPI LPMP Jateng, Ninik Cahyaningsih menekankan bahwa hasil penyusunan laporan kinerja yang telah lengkap dengan data dan deskripsinya sebaiknya direviu terlebih dahulu. Sebelum dikumpulkan ke Kemdikbudristek. Data-data yang disajikann perlu dicheck ulang untuk memvalidasi dan cross check dengan kondisi riil di daerah. Dokumen laporan perlu mendapatkan final editing untuk memastikan keakuratan diksi, keefektifan kalimat dan alur benang merah antar paragrap agar menjadi kesatuan informasi yang utuh dan komprehensif. Nantinya SPI siap untuk mereviu draft laporan kinerja yang telah jadi. (Dar)

 

File Dummy. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LPMP Jateng, Muhammad Adi Hartono, SE, M.Si., Menjelaskan Tatacara Penyusunan LAKIN dan Ketersediaan File Dummy untuk Memudahkan Penyusunannya (Photo by Dar)

Kebutuhan Data. Fasilitator Penyusunan LAKIN LPMP Jateng, Imron Mashadi, S.Kom., memaparkan kebutuhan data dan deskripsi untuk melengkapi setiap bagian dari LAKIN. (Photo by Dista)

Target Kinerja. Wiwik Kus Endah, M.Pd., Koordinator Pengawasan Pengelolaan Kepegawaian SPI LPMP Jateng Memberikan Saran Terkait Target Kinerja yang Perlu Dilengkapi Bersama dengan Data Realisasi Per Tahun. (Photo by Dar)

Antisipasi Penilaian LAKIN. Koordinator Pengawasan Kebijakan dan Program, Dra. Suminarsih, M.Si, Menyampaikan Perlunya Mengantisipasi Siapa Saja yang akan Membaca dan Menilai LAKIN LPMP Jateng. (Photo by Dar)