Kudus, 9 September 2021 LPMP Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan choacing clinic Program Sekolah Penggerak (PSP) di kabupaten kudus bertempat di Pusat Belajar Guru (PBG) jalan Jl. Hos Cokriaminoto gg IV Mlatinorowito, Kudus. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Bp. Harjuna Widada, SH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa PSP merupakan Program Unggulan dari Kementerian Pendidikan kebudayaan Riset dan Teknologi guna mewujudkan visi Pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, gotong royong dan bekebinekaan global.

Adapun narasumber dari kegiatan tersebut adalah Dr. Alif Noor Hidayati, M.Pd. Dalam Paparannya beliau menyampaikan bahwa Sekolah Penggerak akan menjadi katalisator dalam mempercepat pencapaian visi pendidikan Indonesia. Dalam pencapaian visi pendidikan Indonesia, Sekolah harus  berfokus pada  pengembangan hasil  belajar siswa secara  holistik untuk  mewujudkan Profil  Pelajar Pancasila.

Gambaran umum dari Program Sekolah Penggerak bahwa hasil belajar siswa berada di atas leverl yanag diharapkan, lingkungan belayar yang nyaman, aman, inklussif dan menyenangkan, pembelajaran yang berpusat pada siswa, refleksi diri dan pengimbasan dimana sekolah memiliki perencanaan program dan penganggaran berbasis refleksi diri, refleksi guru dan pembelajaran, melakukan pengimbasan ke sekolah lain.

PSP merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya dimana kunci utama dari PSP adalah komitmen Pemerintah daerah beserta seluruh pemangku kepentiangan di daerah yang berkolaborasi dengan Kemdikbudristek. Intervensi yang dilakukan oleh Kemdikbud Ristek dilakukan secara menyeluruh, mulai dari SDM sekolah yaitu guru dan kepala sekolah,  pembelajaran yang berpusat pada siswa, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan  Pemerintah Daerah.

Semoga Program Sekolah Penggerak ini dapat melahirkan putra-putra bangsa yang bisa memajukan bangsa dan negara untuk bersaing pada tataran global. (P.And)