Kembali LPMP Jateng melakukan apel pagi secara online. Senin, 13 April 2020 ini bertindak sebagai pengambil apel adalah Mohammad Adi Hartono, SE, MM selaku Kasubag Perencanaan dan Penganggaran. Materi pokok apel pagi ini: mengajak segenap pegawai mempersiapkan diri menjelang Ramadan, mengungkapkan capaian kinerja anggaran, mengajak tetap semangat meraih predikat WBBM untuk LPMP Jateng, dan mengingatkan prosedur administrasi dalam pelaksanaan BDR dan BDK, serta mendoakan wabah virus Covid-19 segera berakhir. Berikut ini materi apel pagi selengkapnya.

Yang terhormat,  Plt. Kepala LPMP Jawa Tengah, Bp. Harmanto, M.Si.

Yang saya hormati:

  1. Bpk/Ibu Kabid dan Kabag
  2. Bpk Kasi/Kasubbag
  3. Bpk/Ibu JFT Widyaiswara dan PTP
  4. Bpk/Ibu ASN LPMP Jawa Tengah
  5. Bpk/Ibu PPNPN LPMP Jawa Tengah

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Alhamdulillah segala puji syukur, marilah selalu kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. atas segala hidayah, karunia, dan nikmat yang kita terima sehingga sampai dengan detik ini kita masih diberikan kesehatan untuk bisa bekerja. Insya Allah semoga kita semua digolongkan menjadi hamba yang selalu bersyukur.

Bapak/Ibu pegawai LPMP Jawa Tengah yang pagi ini melaksanakan tugas di kantor  maupun melaksanakan tugas bekerja dari rumah, semoga dalam keadaan sehat walafiat dan senantiasa dalam lindungan  Allah Swt.

Pagi ini izinkanlah saya menyampaikan sedikit materi terkait Apel Pagi hari Senin yang kebetulan bertepatan dengan tanggal 13 April 2020.

1. Persiapan Menjelang Ramadan

Bpk/Ibu yang terhormat, alhamdulillah kita telah memasuki tanggal 19 Sya’ban 1441 H, berarti 12 hari lagi kedepan umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadan 1441 H. Semoga kita dan keluarga dapat menyambut dan mengisi bulan suci Ramadan 1441 H dan termasuk umat yang bergembira menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. Semoga di bulan Ramadan ini, semua penyakit berkaitan dengan virus pandemi Covid -19 diangkat Allah Swt. diberikan obat penawar sehingga kita semua dapat melaksanakan ibadah seperti biasa.

2. Capaian Kinerja Anggaran sampai dengan 13 April 2020

Target  Kinerja Anggaran bulan April 2020   : 10,06 %

Capaian Kinerja Minggu II April 2020             :   8,29 %

   Capaian Kinerja sebesar 8,29 %, persentase terbesar didukung oleh layanan rutin lembaga berupa gaji, tukin, dan layanan perkantoran. Adapun, untuk kegiatan di outputoutput di masing-masing Seksi Pemetaan, Supervisi, dan Fasilitasi masih relatif kecil. Hal itu disebabkan masih dilaksanakannya proses pengalihan anggaran LPMP Jawa Tengah untuk mendukung pencegahan pandemi Covid-19. Semoga bulan Mei 2020, proses pengalihan anggaran sudah selesai dilaksanakan dan muncul DIPA baru.

3. LPMP Jawa Tengah Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Bpk/Ibu, seperti diketahui tahun 2019, LPMP Jawa Tengah masih belum berhasil mencapai predikat Satker WBBM. Ketidakberhasilan tersebut merupakan kehendak Allah Swt. Semoga dengan semangat dan dukungan Bpk/Ibu keberhasilan dapat kita gapai lagi di tahun 2020. Berdasarkan surat dari Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 3968/C.C1/OT/2020, tanggal 8 April 2020, tentang Persiapan Pelaksanaan RBI Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen, yang notabene semua satker diharapkan menyampaikan penilaian mandiri dalam pelaksanaan RBI. Oleh karena itu, marilah momen awal ini kita jadikan pelecut untuk menjaga marwah WBBM yang sudah kita bangun sejak lama untuk mencapai target kita. Secara kondisi memang belum memungkinkan bertemu karena masih ada pandemi Covid-19. Namun dengan ikhtiar dan doa, mari kita terus gelorakan semangat pencapaian target WBBM saat bekerja di kantor maupun di rumah.

4. Bpk/Ibu Yth., yang melakukan BDR maupun di kantor, marilah kita bantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan tetap tinggal di rumah bagi yang melakukan BDR dan melakukan social distancing bagi yang BDK. Kami ucapkan terima kasih kepada Pimpinan LPMP Jateng yang telah melakukan tindakan preventif, salah satunya melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor, menyediakan vitamin, suplemen penambah daya tahan, dan membagi masker. Selain itu, kami ucapan terima kasih kepada rekan-rekan yang bersama-sama memberikan donasi maupun yang menerima amanah donasi dalam pembagian nasi bungkus, pembagian masker, dan pembagian sembako, serta pembagian alat penyemprot bagi sekolah. Semoga ikhtiar rekan-rekan mendapat balasan berlipat dari Allah Swt.

5. Mengingatkan bagi ASN dan PPNPN yang melaksanakan tugas di kantor  mulai tangal 13 April 2020 sd 21 April 2020 , Sistem kehadiran di kantor sebagaimana informasi dari Subbag Kepegawaian menggunakan sistem online tanpa fingerprint, dengan cara terhubung dengan Wifi Kantor, dengan menggunakan HP atau PC terkoneksi alamat 11.12.23/absenbdk. Silahkan mengisikan NIP bagi ASN dan id bagi PPNPN untuk melakukan pelaporan kehadiran maupun kepulangan sesuai dengan jadwal bekerja yang berlaku hari itu.

6. Mari, kita berdoa bersama-sama memohon ampun kepada Allah S dengan banyak beristigfar agar kita dan keluarga senantiasa dalam perlindungan-Nya, dihindarkan dari wabah pandemi Covid-19. Mari, kita bantu Pemerintah untuk tetap tinggal (stay) di rumah bagi yang BDR dan melaksanakan pembatasan sosial (social distancing) dan pembatasan fisik (physical distancing) bagi yang bertugas di luar rumah supaya wabah pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

                                                                                    Hormat Kami,

                                                                                    Mohammad Adi Hartono