Semarang-LPMP Jateng. Sekali lagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) melaksanakan pelantikan lebih dari 200 pejabat pada Unit Utama maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) secara online. Kegiatan yang sedianya dimulai pukul 10.00 WIB mengalami kemunduran sekitar 30. Hal ini disebabkan karena gangguan koneksi internet di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat. Pelantikan dilaksanakan oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Bapak Ainun Naim.

Di LPMP Jateng,  pelantikan secara daring pada hari Kamis tanggal 13 Agustus 2020 ini diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari 7 UPT di Jawa Tengah. Daftar peserta adalah sebagai berikut:

  1. Andy Rahmadi Santoso, S.Kom. dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah;
  2. Sukronedi, S.Si., MA, dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah;
  3. Ratna Sri Panglipur, SS.,dari Balai Pelestaruan Situs Manusia Purba Sangiran;
  4. Septina Wardhani, SS., MA., dari Balai Pelestaruan Situs Manusia Purba Sangiran;
  5. Suparman, SE, MM.,dari Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan;
  6. Toni Setyawan, ST, M.Pd, dari Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan;
  7. I Nyoman Rudi Kurniawan, dari Lembaga Pengembangan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah;
  8. Nugraheni Triastuti, SE, M.Si., dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah;
  9. Yuli Haryanto, SE, M.Si, dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah;
  10. Sigit, M.Pd., dari PP PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah.

Nugraheni Triastuti, SE, M.Si. ditetapkan sebagai Kepala Bagian Tata Usaha. Beliau sejak awal karirnya berada di LPMP Jateng, yang dahulu bernama BPG (Balai Penataran Guru) Semarang pada tahun 2000. Sebelum mengemban jabatanbaru  ini, wanita yang lahir di Salatiga pada 19 Maret 1973 ini, menjabat sebagai Kasubbag Perencanaan dan Penganggaran tahun 2009-2016. Kemudian,menjadi Kepala Bagian Umum 2016-2020. Sebagai Kabag TU, Beliau  mengurus 3 M. Men, Money and  Materials. Yakni  urusan kepegaian/ tata laksana, perencanaan/penganggaran dan asset, dalam rangka membantu kepala lembaga mengelola penjaminan mutu pendidikan. Baik program internal lembaga maupun kemitraan.

Yuli Haryanto, SE, M.Si, yang diangkat sebagai pejabat dengan tingkat esselon 3a ini, mengawali karirinya di BPG Semarang  tahun 2000. Beliau lahir di Boyolali pada 12 Juli 1976, pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan LPMP Jateng pada tahun 2009-2017. Kemudian menjadi Kasi Supervisi Mutu Pendidikan hingga akhirnya dipercaya sebagai kepala LPMP Provinsi Kalimantan Selatan. Lembaga yang berada di Kota Banjarbaru ini menjadi mitra LPMP Jateng dalam penjaminan mutu pendidikan sejak adanya program CLC. Cluster Learning Cycle. Program pengembangan model  penjaminan mutu pendidikan hasil kerjasama pemerintah RI dengan Australia  tahun 2008-2012. (Dar)

Khidmat. Upacara Pelantikan dibiimbing oleh Rohaniwan dan Rohaniwati Agama Islam, Kristen dan Hindu (Photo by Wahyu)