Semarang. LPMP Jateng, Tim Penyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Finalisasi LAKIN pada hari Senin-Selasa, 11-12 Januari 2021 di Ruang B24 Gedung Bung Karno LPMP Jateng. Kegiatan yang dipimpin oleh Kabag TU, Nugraheni TA, SE, M.Si., dihadiri 17 anggota tim dari unsur Fungsi Pemetaan Mutu Pendidikan, Fungsi Supervisi Mutu Pendidikan, Fungsi Fasilitasi Pendidikan Dasar dan Menengah serta Fungsi Urusan Umum.

Kegiatan finalisasi merupakan tahapan setelah draft LAKIN telah disusun oleh Tim. Draft tersebut juga dibahas bersama dengan narasumber dari unit utama Kemdikbud. Dokumen laporan ini menyajikan capaian kinerja sesuai dengan target yang ditetapkan dalam perjanjian kinerja tahun 2020. Sasaran yang dirumuskan yakni “meningkatnya penjaminan mutu pendidikan di seluruh jenjang pendidikan”. Indikator yang harus dicapai meliputi:

  1. Persentase Satuan Pendidikan (jenjang SD, SMP, SMA, dan SLB) yang memiliki nilai kinerja sekolah (indeks mutu) minimal 75;
  2. Persentase kesenjangan hasil AKM dan Survey Karakter antara sekolah dengan kinerja terbaik dan kinerja terburuk; dan
  3. Persentase kab/kota yang memiliki data pokok pendidikan dasar dan menengah akurat, terbarukan dan berkelanjutan.

Digendakan bahwa hasil finalisasi ini akan diireviu oleh Satuan Pengawasan Internal (SPI) LPMP Jateng. melalui reviu tersebut, secara lebih mendalam akan digali ruang-ruang untuk peningkatan lebih lanjut. Pada akhirnya akan diperoleh rumusan laporan kinerja yang secara akurat dan objektif dapat memberikan gambaran capaian kinerja yang dihasilkan LPMP Jawa Tengah selama pada tahun 2020 (DAR)

Keterangan Foto:

  1. Artistik. Cover Draft Lpaoran Kinerja Instansi LPMP Jateng 2020 dengan ilustrasi yang artistic dan atraktif.
  2. Protokol Kesehatan. Tim LAKIN melaksanakan kegiatan finalisasi dengan tetap berpedoman pada Protokol Kesehatan melalui menjaga jarak aman dan penggunaan masker standar (Photo by DAR)