Semarang- LPMP Jateng. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (LPMP Jateng) melaksanakan kegiatan kemitraan penjaminan mutu melalui seleksi calon perangkat desa. Dalam kesempatan ini dilaksanakan seleksi calon perangkat desa Pidodo Wetan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal pada hari Kamis, 14 Oktober 2021 di LPMP Jateng, Jl. Kyai Mojo, Srondol Kulon Semarang.

Kegiatan ini untuk menseleksi  4 jenis jabatan yang lowong. Untuk jabatan Kaur Tata Usaha dan Umum diikuti oleh 19 orang dari 20 peserta yang lolos seleksi administrasi. Satu orang peserta yang tidak hadir, setelah dikonfirmasi, beralasan karena tidak ada yang mengantar. Ujian dengan system CAT (Computer Assisted Test) dilaksanakan pada sesi I yang dimulai pukul 08.00-10.00 WIB.

Pada sesi II, ujian dilaksanakan mulai pukul 10.00-12.00 WIB. Peserta yang diuji sejumlah 30 orang pada 3  jabatan. Peserta hadir lengkap. Jabatan Kasi Pemerintahan diikuti oleh 15 peserta. Jabatan Kadus 1 diikuti 8 orang dan Jabatan Kadus 3 diikuti 7 orang peserta.

Tes dengan CAT ini menguji kompetensi para peserta terkait dengan kemampuan dasar dan kemampuan bidang. Untuk kemampuan dasar meliputi: Pancasila, UUD 45, Bahasa Indonesia, Pemerintahan Desa dan Pengetahuan Umum. Adapun untuk tes kemampuan bidang berisi tentang kompetensi yang dibutuhkan sesuai jabatan masing-masing.

Fasilitasi kepada pemerintah daerah dalam seleksi calon perangkat desa merupakan bentuk upaya untuk menjaga hubungan baik dengan ekosistem Lembaga.  LPMP Provinsi Jawa Tengah terus berusaha menjaga dan meningkatkan kepercayaan/amanah dari semua stakeholder penjaminan mutu. Pada akhirnya, diharapkan dengan semakin tumbuhnya kepercayaan tersebut, networking penjaminan mutu pendidikan akan semakin kuat dan supportif .(DAR)

Tegas. Penjelasan Teknis dan Tata Tertib CAT oleh Panitia Penyelenggara sebelum Peserta Masuk Laboratorium Komputer. Peserta yang melanggar akan dikeluarkan dari ruang seleksi dan diberi nilai 0. (Photo by Dar)


 

Bimbingan Teknis. Teknisi Laboratorium menyampaikan penjelasan terperinci tentang tata cara pelaksanaan CAT. Peserta dibimbing sejak dari login hingga saat penyelesaian pengerjaan. (Photo by Samsira)


 

Real Time. Peserta yang telah menyelesaikan CAT menyaksikan nilai mereka yang ditayangkan pada layar di depan ruang Laboratorium Komputer untuk mencocokan dengan nilai yang ditunjukan  di layar computer dan mereka catat. Nilai pada layer adalah hasil real time sesuai waktu penyelesaian test bukan hasil yang telah diranking. (Photo by Dar)


 

Monev. Jajaran Pemerintahan Kecamatan Patebon bersama dengan Polsek dan Koramil memantau kegiatan CAT Calon Perangkat Desa Pidodo Wetan. (Photo by Dar)