Semarang- LPMP Jateng. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (LPMP Jateng) pada bulan Desember 2021 ini kembali melaksanakan fasilitasi seleksi calon perangkat desa kabupaten Kendal. Kegiatan ini sebagai pengembangan model kemitraan dalam rangka penjaminan mutu. Kegiatan seleksi pada hari Rabu, tanggal 1 Desember 2021 dengan Kecamatan Limbangan sejumlah 110 peserta. pada 2 Desember 2021 dengan Kecamatan Singorjo dengan peserta sejumlah 32 orang, dan pada 4 Desember 2021 dengan Kecamatan Patean untuk 54 peserta. Kegiatan CAT (Computer Assisted Test) ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer LPMP Jateng.

Seleksi untuk Kecamatan Limbangan mencakup 12 desa.  Pada sesi I, pukul 07.30-09.30 dilaksanakan CAT untuk 16 peserta jabatan Kasi Pemerintahan dan 6 peserta untuk jabatan Kadus 1 pada Desa Limbangan. Pada sesi II, pukul 10.00-12.00, seleksi diikuti 5 orang peserta untuk jabatan Kadus 2 untuk Desa Kedungboto.  Pada Desa Peron terdapat 5 peserta untuk jabatan Kadus 5. 6 orang untuk jabatan Kaur Umum dan Perencanaan dan 8 peserta untuk Kasi Pemerintahan Desa Sumberahayu. Pada sesi III, pukul 13.00-15.00, peserta dari Desa Gondang terdapat 4 orang untuk Jabatan Kasi Kesejahteraan. 2 peserta untuk jabatan Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan Desa Tabet. Untuk Desa Jawisari dan Desa Sriwulan masing-masing terdapat 2 peserta untuk jabatan Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan.  Desa Gonoharjo  terdapat 18 peserta yang berkompetisi untuk jabatan Kasi Pelayanan. Pada sesi IV pada pukul 15.30-17.30, kegiatan CAT diikuti  11 peserta Jabatan Kasi Kesejahteraan Desa Tamanrejo. Enam orang peserta mengikuti seleksi  Jabatan Kadus 1.Desa Pagertoyo. Pada Desa Margosari CAT untuk Jabatan Kasi Pemerintahan diikuti 12 peserta.

CAT peserta dari Kecamatan Singorojo dilaksanakan untuk 5 desa pada pukul 09.00-11.00. Hal ini salah satunya disebabkan karena pada pukul 07.30-08.30 digunakan untuk tes praktik 5 peserta jabatan Kasi Pelayanan dari Desa Ngareanak. Sehingga pada pukul 08.30 semua peserta pada seluruh jabatan dapat mengikuti penjelasan teknis secara bersama-sama. Untuk Desa Cening  seleksi dilakukan untuk jabatan Kaur TU dan Keuangan diikuti 4 peserta. Desa Kaliputih jabatan yang diperebutkan adalah Kadus 2 yang diikuti 3 peserta. Untuk Desa Banyuringin terdapat 5 peserta untuk seleksi Jabatan Kadus 3, dan 4 orang untuk Jabatan Kadus 4.. Sedangkan untuk Desa Singorojo sendiri, terdapat 11  peserta yang akan berkompetisi mengisi Jabatan Kadus 1.

Di hari Sabtu ini, layanan CAT Calon Perangkat Desa dilaksanakan dalam 2 sesi untuk Kecamatan Patehan. Pada Sesi I, pukul 08.00-10.00, diikuti 7 peserta calon Kadus 4 Barangan Desa Mlatiharjo, 17 peserta untuk formasi Jabatan Kaur Perencanaan, dan 5 peserta Jabatan Kadus 1 Desa Pagersari. Pada sesi II, pukul 10.30-12.30, dilaksanakan CAT untuk 20 peserta pada Jabatan Kaur Perencanaan dan 5 orang peserta untuk Jabatan Kasi Kesejahteraan Desa Curugsewu.

Di akhir sesi, dilakukan wawancara terhadap Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Perangkat Desa (TP3D) Curugsewu dan peserta yang mendapatkan skor tertinggi pada masing-masing jabatan. Ahmad Mahfudin, rangking I untuk Jabatan Kaur Perencanaan menyatakan kegembiraannya berhasil mendapatkan skor tertinggi. “soal-soalnya ini tdak bisa dibaca langsung dijawab, perlu saya baca berulang-ulang dan dipikir lagi agar bisa mengetahui maksud dan jawabannya”, kesan dari calon dengan skor tertinggi Ini. Sementara Aprilian Adie Saputra, yang berhasil mendapat skor tertinggi untuk Jabatan Kasi Kesejahteraan menyatakan bahwa sulit sekali untuk mengerjakan soal-soal CAT ini. Ketua TP3D Curugsewu menyatakan kelegaan hatinya bahwa kegiatan berjalan dengan baik dan mendapatkan calon-calon terbaik untuk mengisi formasi yang ada. Harapannya ke depan LPMP Jateng tetap bersedia untuk memfasilitasi kegiatan serupa. (DAR)

Siap. Peserta Melaksanakan Ujian dengan Penuh Kesiapan. (Photo by Dar)

Praktik. Ujian Praktik Pelaksanaaan Tugas dan Fungsi Kasi Pelayan/Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan, Salah Satunya dalam Terkait dengan Pemulasaraan Jenazah. (Photo by Dar)

Serius. Peserta Seleksi dengan Tenang dan Serius Mengerjakan Soal-soal Seleksi Calon Perangkat Desa. (Photo by Dar)v

Penyerahan Hasil CAT. Secara Simbolik Ketua TP3D menyerahkan Hasil CAT LPMP Jateng kepada Kepala Desa. (Photo by Jhon)