SEMARANG BARAT, LPMP JATENG – Tim Sepak Bola Pelajar Kabupaten Kudus diwakili SMPN 3 Kudus menjadi juara satu Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat SMP Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019, setelah dipartai puncak mengalahkan juara bertahan Kota Semarang dengan skor 2-0. Pertandingan final pada hari Rabu (7/8/2019) di Lapangan Sepak Bola Terang Bangsa (Komplek SMP Kristen Terang Bangsa) Semarang.
Kabupaten Kudus sebagai juara satu mendapatkan uang pembinaan Rp. 33.000.000,00 (tiga puluh tiga juta rupiah), serta berhak mewakili Provinsi Jawa Tengah GSI Tingkat Nasional pada tanggal 3-9 Oktober 2019 di Jakarta. Sedangkan juara dua Kota Semarang dan  juara tiga Kabupaten Semarang, serta sebagai juara harapan satu dari Kabupaten Banjarnegara.
Permainannya lepas, sesuai sekma dan arahan pelatih Cucun Sulistyo serta asisten pelatih ibrohin dan Rizza Aftoni yang lebih menampilkan ciri khasnya yaitu permainan pendek kaki ke kaki satu dua kali sentuh. Hingga akhirnya gol yang ditunggu-tunggu tiba pada babak pertama menit ke-20 oleh Krisna Sulistia. Dan gol kedua dicetak Deco Mahesa Bintang pada menit ke-24 babak kedua.
Perjalanan tim Kabupaten Kudus dimulai pada babak penyisihan group yang dimulai pada hari Sabtu-Minggu (3-4) Agustus 2019 di lapangan Sepak bola Arhanudse Jatingaleh Kota semarang. Pada laga pertama yang dilaksanakan sabtu (3/8/2019), tim Kabupaten Kudus melawan tim kabupaten Tegal dan berhasil menang telak 5-0, kemudian pada hari Minggu (4/8/2019) babak penyisian tim Kabupaten Kudus berhasil mengalahkan tim Kabupaten Magelang dengan skor 5-0, sehingga memastikan tim Kabupaten Kudus menjadi juara group dan lolos ke babak 8 besar.
Dibabak delapan besar tim Kabupaten Kudus bertemu runner up terbaik yaitu tim Kabupaten Banyumas, bermain di lapangan sepakbola Terang Bangsa. Tim Kabupaten Kudus mendapat perlawanan yang sangat ketat dari tim Kabupaten Banyumas yang berambisi mengalahkan tim Kabupaten Kudus, namun dengan semangat juang dan kolektivitas antar pemain yang rapi dan bagus tim Kabupaten Kudus dapat mengalahkan tim Kabupaten Banyumas dengan skor 3-0, sehingga mengantarkan tim Kabupaten Kudus ke semifinal.
Dibabak semifinal tim Kabupaten Kudus telah ditunggu tim Kabupaten Banjarnegara yang dipertandingan sebelumnya mengalahkan tim Kabupaten  Grobogan dengan skor  2-0. Dari kedua tim sangat menarik ditonton karena menyuguhkan teknik-teknik bermain sepak bola yang taktis, akurat, main dari kaki-ke kaki dan saling ngotot untuk mencari kemenangan, dan tim Kabupaten Kudus membuat kecewa tim Kabupaten Banjarnegara setelah wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan dimana dimenangkan tim Kabupaten Kudus menang 2-1.
Tahun ini GSI diselenggarakan oleh LPMP Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Adapun pihak yang terlibat adalah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah.
Peserta diikuti 21 tim sepak bola dari 35 Kab/Kota di Jawa Tengah, dari jumlah peserta dibagi menjadi 2 group. Babak penyisihan di bagi 2 group di 2 lapangan sepak bola, yaitu Group A sampai dengan D di lapangan sepak bola Batalyon 400/Banteng Raider Srondol, Group E sampai dengan H di Batalyon Arhanudse Jatingaleh, sedangkan babak semifinal dan final dilaksanakan di lapangan sepak bola komplek sekolah Terang Bangsa di Marina Semarang Barat. (SRJ)