Tidak hanya ketika pandemi covid-19, dalam kondisi normal pun kolaborasi lebih mudah ketika bisa dilaksanakan dalam kondisi apapun, di manapun, dan kapanpun. Ketika sebuah ide muncul, bisa segera ditulis di papan tulis daring dan semua team bisa melihat sekaligus memberi komentar kapanpun dan dimanapun. Demikian pula dalam kegiatan belajar mengajar, guru bisa menaruh tugas atau evaluasi di papan tulis daring, kemudian siswa bisa berdiskusi dari rumah atau dari manapun. Papan tulis dapat juga difungsikan sebagai kanvas digital tanpa batas, dan bebas bentuk, serta dapat menyatukan gagasan, konten, dan semua orang. Jadi kolaborasi dapat berlangsung di manapun secara real-time. Papan tulis digital juga bisa berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan atau mempresentasikan tugas siswa yang bisa di komentari oleh seluruh siswa di semua kelas.

Untuk kepentingan berkolaborasi secara online, saat ini telah di mudahkan dengan berbagai macam aplikasi yang bisa di gunakan secara gratis, diantaranya:

  • Microsoft Whiteboard, kanvas digital tanpa batas bentuk bebas yang menyatukan gagasan, konten, dan semua orang
  • Padlet
  • Google Jamboard

Awalnya Jamboard adalah papan tulis interaktif yang dikembangkan oleh Google, sebagai bagian dari keluarga G Suite. Secara resmi dipublikasikan secara umum pada tanggal 25 Oktober 2016. Jamboard sendiri memiliki layar touchscreen 55″ 4K, dan memiliki kompatibilitas untuk kolaborasi online melalui dukungan cross-platform.

Dengan google jamboard  yang didukung oleh Google Cloud menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, dan tentu dapat pula untuk meningkatkan kolaborasi dan keterlibatan siswa. Siswa yang menggunakan tablet dapat mengakses serangkaian fitur, pengeditan untuk berkolaborasi dengan sesama siswa atau pengajar. Begitu juga bagi siswa atau pengajar yang menggunakan computer, baik PC (personal computer) ataupun notebook.

Kelebihan dari google jamboard yang lain adalah terintegrasinya dengan aplikasi google lainnya yang membuat penggunaannya bisa lebih mudah.

Memulai Google Jamboard

Google jamboard bisa di akses melalui laman https://jamboard.google.com/ kemudian login menggunakan akun google atau bisa juga dari google drive, klik tombol +baru – lainnya – google jamboard

Setelah terbuka tampilan google jamboar seperti ini

Keterangan tombol

Pena, untuk membuat coretan bebas, bisa di ganti dengan spidol, stabilo atau kuas.

Penghapus, untuk menghapus perubhan yang di buat

Pilih, untuk merubah fungsi mouse kembali ke pilih

Sticky Note, untuk menambahkan sticky note

Tambah Gambar, untuk menambahkan gambar baik dari upload komputer maupun dari pencarian google atau url.

Shape Lingkaran, untuk memasukan bentuk lingkaran atau pilihan bentuk lainnya

Kotak Teks, untuk memasukan teks

Laser, hampir sama dengan pena tetapi hasil coretannya tidak tersimpan

Latar belakang bisa di rubah sesuai dengan pilihan yang ada dengan cara klik tombol Latar Belakang

Silahkan tuliskan dan kreasikan google jamboard dengan apapun yang kita kehendaki kemudian share kepada siapapun yang ingin kita ajak berkolaborasi, contoh link seperti ini https://jamboard.google.com/d/1ZGLTMwZPAi70eYd_M6JZKej946Y6LUIh4OK14g71glo/edit?usp=sharing

sebagai aplikasi tidak berbayar, google jamboard sangat disarankan sebagai media kolaborasi dalam pembelajaran, apalagi ketika siswa atau peserta pelatihan sudah menggunakan tablet, smartphone atau notebook layar sentuh. Silahkan tulis komentar untuk berdiskusi lebih lanjut.(Abi)