SEMARANG, LPMP Jateng. Mengantisipasi penyebaran virus corona, LPMP Jateng melaksanakan penyemprotan disinfectant di seluruh ruang kerja, ruang kelas dan lingkungan LPMP Jawa Tengah. “Kegiatan ini kita jadwalkan dari hari Sabtu, tanggal 21 Maret 2020 hingga Kamis besok, dengan target lingkungan masjid”, ujar Purwadi, supervisor tim sterilisasi. Disinfectant yang digunakan adalah bahan yang dibuat sendiri dengan campuran kaporit dan air dengan perbandingan 1:9. Sesuai dengan kadar yang ditentukan untuk mengeliminasi mikroba secara optimal. Penyemprotan ini sebagai salah satu bentuk kegiatan dalam gerakan pencegahan penyebaran virus corona di LPMP Jateng.  Beberapa hal lain juga telah dilakukan, diantaranya:

Sterilisasi Kantor. Penyemprotan Disinfectant di Ruang Seksi Supervisi Mutu Pendidikan Bidang PSMP LPMP Jawa Tengah. (Photo by Dar)

  1. BDR

Kebijakan Bekerja Dari Rumah (BDR) diambil oleh pimpinan LPMP seiring dengan instruksi pemerintah untuk social distancing.  Pegawai LPMP Jateng diatur  untuk menjalakan tugasnya dari rumah. Mengisi daftar hadir daring 3 kali sehari. Jam 07.30. jam 13.00, serta jam 16.00, atau jam 16.30 saat hari Jumat. Mereka menyampaikan tugas yang sedang dikerjakan dan melaporkan hasilnya  saat jam kerja usai, dengan mengunggah buktinya di aplikasi yang disediakan. Setiap ruang kerja ada petugas yang piket. Kasi Supervisi Mutu Pendidikan , Yuli Haryanto menyampaikan, “ Kami jadwalkan setiap hari hanya 2 orang yang hadir di ruang kerja, hal ini untuk menjamin keberlangsungan pelayanan namun dengan tetap menjaga jarak aman.”

  1. Apel Pagi Daring

Sesuai dengan adat kebiasaan , LPMP Jateng mempunyai program pertemuan pimpinan dengan pegawai secara rutin melalui Apel Pagi di hari Senin. Kegiatan untuk berbagi informasi dan mengkomunikasikan berbagai hal yang diprogramkan lembaga ini dilaksanakan dengan berkumpul di halaman depan Gedung Ki Hajar Dewantara. Mendukung kebijakan social distancing, apel dilaksanakan secara online. Pimpinan lembaga menyampaikan materi apel di group WA LPMP Jateng. Semua pimpinan dan pegawai LPMP Jateng menjadi anggota group WA tersebut.

  1. Penyediaan Hand Sanitizer

Kelangkaan hand sanitizer di pasaran tidak menyurutkan langkah  LPMP Jateng dalam  pencegahan virus corona. Menjaga kebersihan adalah salah satu langkah memutus rantai penyebaran virus. LPMP Jateng membuat bahan sterilisasi telapak tangan mandiri. “Kami membuat hand sanitizer sesuai dengan formula standard WHO” ujar Aris. Menurut pegawai yang biasa dipanggil Samsira ini, bahan yang dipakai etanol 96% 8,3 liter, hidrogen peroksida 3% 0.15 liter, gliserin 98% 0.5 liter dan air suling 1 liter untuk membuat 10 liter hand sanitizer.  Pegawai dan tamu dapat memanfaatakan alat yang akan mengucurkan sterilisasi telapak tangan yang sudah terpasang di setiap pintu masuk ruangan ini.

  1. Rapat Kerja Daring

LPMP Jateng melaksanakan rapat secara online.  Baik untuk rapat pimpinan, maupun rapat per bidang/seksi. Berbagai fasilitas video conference digunakan. Salah satunya, semua pegawai diinstruksikan menginstal aplikasi Zoom Videomeetings  untuk memudahkan pelaksanaan rapat kerja online ini.

Suasana room pada aplikasi Zoom yang digunakan untuk rapat kerja Daring


Program Pencegahan Corona ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya oleh Tim Gegana Brimob yang bermarkas di Srondol Kulon.  Mereka melakukan penyemprotan disinfectant di seluruh lingkungan LPMP Jateng pada hari Senin kemarin. Kegiatan kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung kebijakan tanggap darurat secara cepat, tepat dan akurat. (DAR)