LPMP Jawa Tengah telah menyelenggarakan kegiatan penyegaran bagi seluruh karyawan bertajuk Pelatihan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Manajemen Pengelolaan Organisasi LPMP Jawa Tengah tahun 2016. Kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan bagi seluruh pejabat struktural, pejabat fungsional tertentu dan pejabat fungsional umum di lingkungan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah agar dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan responsifitas kinerja.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Indah Palace Tawang Mangu, Kabupaten Karanganyar dalam dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan dari tanggal 15 s.d. 17 Februari 2016, dan gelombang II dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 24 Februari 2016.

Kepala LPMP Jawa Tengah, Drs. Harmanto, M.Si, pada saat pembukaan menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini. Beliau menyatakan bahwa, di samping memahami tugas fungsinya yang secara tekstual tertulis di Permendikbud Nomor 15/2015, karyawan LPMP Jateng perlu memiliki strategi yang jitu dalam melaksanakan tusinya masing-masing. Soft skills dari setiap personnel LPMP Jateng, seperti pemahaman atas value, attitude, dan behaviour, secara signifikan menentukan keberhasilan tiap individu dalam mencapai tujuan.

Dua orang narasumber hadir pada kegiatan ini. Yang pertama adalah Drs. Setyasnomo, MM, dari Training Center Garuda Indonesia. Pak Nomo adalah salah satu sosok yang turut mengantarkan Garuda Indonesia menjadi delapan besar maskapai dunia (http://translogtoday.com/). Dengan bahasa yang atraktif dan diselingi canda-canda, sang senior trainer ini menyampaikan materi tentang developing personal attitude.

Salah satu quotes penting dari materinya adalah bahwa kombinasi yang baik antara functional dan emotional value sangat urgen untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Functional value adalah pencapaian tujuan kerja melalui mekanisme yang bersifat kaku tanpa memperhatikan adanya faktor-faktor interpersonal atau hubungan antar individu. Sedangkan emotional value adalah pencapaian tujuan kerja dengan memperhatikan hubungan antar individu serta nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.

Narasumber kedua adalah Eric Siregar, seorang hypnotherapist dari Eric Siregar and Associates. Eric menyampaikan berbagai hal terkait mind management demi mencapai tujuan. Eric juga menyinggung tentang pikiran sadar, pikiran bawah sadar, persepsi, dan manajemen masalah. Penjelasan Eric tentang perlunya teamwork building diselingi dengan ice breaking dan praktik-praktik menjadikan peserta memahami betapa pentingnya kerja sama dalam mencapai tujuan organisasi