Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah berjalan selama tujuh tahun. Seiring sejalan dengan perkembangan maupun perubahan kebijakan Kemendikbud, Dapodikdasmen sudah dihadapkan pada beberapa program baru, seperti pendidikan berbasis zonasi, e-rapor, dan penjaminan mutu pendidikan. Dalam menindaklanjuti tantangan ini, Dapodikdasmen terus berbenah hingga pada Bulan April 2019 lalu, telah terbit Dapodikdasmen Versi 2019.e.

Namun demikian, masih ditemukan berbagai masalah di lapangan, seperti misalnya helpdesk layanan masih terpusat di Kemendikbud sehingga kurang dapat menjangkau satuan pendidikan pengguna Dapodik. Untuk menjawab dari permasalahan tersebut, maka LPMP Jawa Tengah sebagai representasi Kemendikbud di Provinsi Jawa Tengah, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah dan Layanan PTK selama 3 (tiga) hari, yaitu mulai tanggal 12 Juni sampai dengan 14 Juni tahun 2019, bertempat di LPMP Jawa Tengah, Jl. Kyai Mojo, Srondol Kulon, Banyumanik, Semarang, dengan pola 22 (dua puluh dua) Jam Pelajaran.  Peserta yang diundang dalam kegiatan ini sejumlah 122 orang yang terdiri dari unsur: Operator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Operator Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Operator Dinas Pendidikan kabupaten/kota, dan 7 UPT Kemdikbud di Jawa Tengah.

Hasil yang diharapkan dari Kegiatan Bimbingan Teknis ini antara lain: Tersosialisasikannya Unit Layanan Terpadu LPMP Jawa Tengah,  kepada Dinas Pendidikan dan UPT Kemdikbud di Provinsi Jawa Tengah; Tersosialisasikannya Data Pokok Pendidikan 2019 Di Jawa Tengah; Tersosialisasikannya Verifikasi dan Validasi PTK di Jawa Tengah; Tersajikannya Prosedur dan Mekanisma Layanan Publik; Tersosialisasikannya Aplikasi Unit Layanan Terpadu Terintegrasi di Jawa Tengah; Tersosialisasikannya Sertifikasi Guru dan Tunjangan Profesi dan Tersusunnya rencana tindak lanjut pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan dan pemanfaatannya di wilayah masing-masing.

Narasumber dalam kegiatan Bimtek Dapodik dan Layanan PTK Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini terdiri dari: Kepala LPMP Jawa Tengah, Kepala Bagian Layanan Terpadu BKLM Kemdikbud, Kepala Bagian Umum LPMP Jawa Tengah, Tim ULT Provinsi Jawa Tengah dan TIM Dapodik dan Layanan PTK LPMP Jawa Tengah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LPMP Jawa Tengah, dilanjutkan penyampaian Kebijakan LPMP Jawa Tengah. Melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan menghasilkan kesamaan persepsi dalam mengelola sistem pendataan pendidikan dasar dan menengah antara LPMP Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota serta Dinas Pendidikan Provinsi maupun UPT Kemdikbud yang ada  Di Jawa Tengah, serta memudahkan koordinasi dan kerjasama dalam mencapai target pendataan yang terintegrasi sesuai dengan Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan. (JP)