Meskipun masih harus tetap bekerja dari rumah, kegiatan apel pagi harus tetap dilaksanakan dengan cara online. Yang bertindak sebagai pengambil materi adalah Kepala Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan, Zainal Kabir, SE., M.Si. Tujuan dilaksanakannya apel pagi secara rutin adalah untuk mereview kegiatan sepekan terakhir, menyampaikan kegiatan yang sedang berjalan dan kegiatan yang akan dilaksanakan agar berjalan dengan lancar serta menyampaikan informasi kepada semua pegawai baik ASN maupun PPNPN. Berikut kutipan lengkap kegiatan dan informasi yang disampaikan pada apel pagi hari ini

  

Yang terhormat,  Pelaksana Tugas Kepala LPMP Jawa Tengah, Bapak Drs. Harmanto, M.Si.

Yang kami hormati:

  1. Kepala Bagian Umum LPMP Jawa Tengah, Ibu Nugraheni Triastuti, SE. M.Si
  2. Kepala Bidang FPMP LPMP Jawa Tengah, Bapak Dr. Tartib Supriyadi, M.Pd.
  3. Kepala Bidang PSMP LPMP Jawa Tengah, Ibu Dr. Sri Widarti, M.Pd.
  4. Seluruh Kepala Seksi dan Kepala Subbagian di LPMP Jawa Tengah
  5. Koordinator beserta seluruh kelompok jabatan Fungsional Widyaiswara dan PTP
  6. Seluruh Pegawai ASN dan PPNPN di LPMP Jawa Tengah

Assalamualaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh,

Bismillaahirrahmaanirrohiim, Alhamdulillaahirabbil’aalamiin, marilah kita panjatkan puji syukur  ke hadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga sampai saat ini kita masih diberikan kesehatan untuk bisa bekerja. Semoga kita semua digolongkan menjadi hamba Allah yang pandai mensyukuri nikmat-Nya.

Tidak lupa pula kami memohon pada semuanya untuk selalu berdo’a semoga keadaan kita yang terdampak pandemi covid 19 ini segera berakhir dan kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan.

Bapak/Ibu pegawai LPMP Jawa Tengah yang dirahmati Allah, saat ini kita berada di bulan Suci Ramadhan, dan Alhamdulillah kita sekarang berada pada hari kesebelas bulan Ramadhan tahun 1441 Hijriyah, kami mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan ini, dan marilah kita semakin meningkatkan amal ibadah kita salah satunya dengan tetap semangat dalam melaksanakan pekerjaan baik bekerja di kantor ataupun bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) yang istilah lazimnya dalam Bahasa Indonesia adalah Bekerja Dari Rumah (BDR).

Pada pagi hari ini, izinkanlah  kami dapat menyapa Bpk/Ibu seluruh pegawai LPMP Jawa Tengah melalui apel pagi tertulis, dan Kami berharap tulisan ini bisa dibaca dan dicermati sebagai pengganti apel pagi selama kita tidak bisa hadir secara langsung dihadapan Bpk/Ibu, dengan teriring doa semoga kita semua secepatnya dapat bertemu dengan Bpk/Ibu semua, dalam kondisi normal dan dapat beraktifitas bersama-sama kembali.

Bapak/Ibu pegawai LPMP Jawa Tengah yang saya hormati, Untuk apel tertulis kali ini ada beberapa hal yang dapat kami sampaikan, diantaranya :

  1. Upacara Hari Pendidikan Nasional

Berdasarkan surat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 42518/MPK.A/TU/2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2020, bahwa meniadakan Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional yang biasanya wajib dilaksanakan oleh setiap kantor instansi pusat dan daerah, setiap satuan Pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Dan kita yang berada di UPT Kemendikbud dihimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Ada beberapa hal yang disampaikan Mas Nadiem Menteri Pendidikan dan Kebudayaan :

  • Mengajak seluruh insan pendidikan di tanah air mengambil hikmah dan pembelajaran dari krisis Covid-19.
  • Belajar memang tidak selalu mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi.
  • Saat ini untuk pertama kalinya guru-guru melakukan pembelajaran melalui daring menggunakan perangkat baru dan menyadari sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di manapun.
  • Begitu juga dengan orangtua, untuk pertama kalinya menyadari betapa sulit tugas guru mengajar anak secara efektif dan menimbulkan empati kepada guru yang tadinya mungkin belum ada. Guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja.
  1. Pada kesempatan ini pula kami akan menyampaikan pesan dari Kasubbag Kepegawaian, bahwa saat ini kita berada di awal bulan Mei. Mari kita isi SKP bulan April 2020. Bagi yang sudah mengisi, kami ucapkan terima kasih, dan bagi yang belum silakan untuk segera menyelesaikannya, dengan mengisi :
  • Realisasi SKP Bulan April 2020, dan
  • Log Harian

Dan juga mengingatkan Kembali bagi ASN dan PPNPN yang melaksanakan tugas di kantor   mulai tangal 4 Mei 2020 sd 13 Mei 2020 , Sistem kehadiran di kantor menggunakan sistem online tanpa fingerprint, dengan cara terhubung dengan Wifi Kantor, dengan menggunakan HP atau PC terkoneksi alamat 10.11.12.23/absenbdk. Silahkan mengisikan NIP bagi ASN dan id bagi PPNPN untuk melakukan pelaporan kehadiran maupun kepulangan sesuai dengan jadwal bekerja yang berlaku hari itu

  1. Capaian Kinerja Anggaran sampai dengan 30 April 2020

Target  Kinerja Anggaran bulan April 2020  : 10,06 %

Capaian Kinerja Minggu IV April 2020         :   8,53 %

Capaian Kinerja sebesar 8,53 %, persentase terbesar didukung oleh layanan rutin lembaga berupa gaji, tukin, dan layanan perkantoran. Adapun, untuk kegiatan di outputoutput di masing-masing Seksi Pemetaan, Supervisi, dan Fasilitasi masih relatif kecil. Hal itu disebabkan masih dilaksanakannya proses pengalihan anggaran LPMP Jawa Tengah untuk mendukung pencegahan pandemi Covid-19. Semoga bulan Mei 2020, proses pengalihan anggaran sudah selesai dilaksanakan dan muncul DIPA baru.

  1. Jadwal Webinar minggu ini yang dilaksanakan di LPMP Jawa Tengah dengan Vicon Zoom adalah sebagai berikut :
  • Senin, tgl 4 Mei 2020 : Tema “Penugasan Portofolio melalui google Class Room dengan HP Android” oleh Dr. Mulida Hadrina Harjanti, M.Pd
  • Selasa, tgl 5 Mei 2020 : Tema “Penyusunan RPP Tematik SD Untuk Pembelajaran Dalam Jaringan” oleh Tri Mulyani, S.Pd., M.Pd
  • Rabu, tgl 6 Mei 2020 : Webinar dalam rangka Hardikas 2020 dengan narasumber sebagai berikut :

a. Plt Kepala LPMP Jawa Tengah;

b. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah;

c. Avisena dari RS. Dr. Karyadi Semarang;

d. Yuli Utanto, M.Pd Dosen UNNES.

  • Jumat, tgl 8 Mei 2020 : Youtube (ber) dampak positif melalui Value Clarification Technique (VC) : oleh Sri Hartati, S.Pd., M.Pd dan Priyo Aris Abimanyu, S.Kom, M.Kom
  1. Akhirnya marilah kita berdoa Bersama-sama memohon pertolongan dan mohon ampun kepada Allah SWT, agar diri kita, keluarga kita, dan keluarga besar LPMP Jawa Tengah senantiasa diberikan Kesehatan jasmani dan rohani seta diberikan keselamatan dimanapun kita berada fid dun ya wal aakhirah..

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

                                                                        Salam Hormat,

Kepala Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan

                                                                        Zainal Kabir, SE., M.Si