LPMP Jawa Tengah pada pagi hari ini tanggal 20 April 2020 melakukan apel pagi online kembali. Pengambil apel online pada kesempatan pagi hari ini adalah Untung Setyo Wibowo selaku Kepala subbagian TL dan Kepegawaian. Salah satu materi apel pagi online adalah ajakan untuk mengikuti webinar yang diadakan LPMP Jawa Tengah, selain itu ada beberapa informasi penting lainnya. Berikut isi materi apel pagi online selengkapnya.

                                    

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

 Yang terhormat,  Pelaksana Tugas Kepala LPMP Jawa Tengah, Bapak Drs. Harmanto, M.Si.

Yang kami hormati:

  1. Kepala Bagian Umum LPMP Jawa Tengah, Ibu Nugraheni Triastuti, SE. M.Si
  2. Kepala Bidang FPMP LPMP Jawa Tengah, Bapak Dr. Tartib Supriyadi, M.Pd.
  3. Kepala Bidang PSMP LPMP Jawa Tengah, Ibu Dr. Sri Widarti, M.Pd.
  4. Seluruh Kepala Seksi dan Kepala Subbagian di LPMP Jawa Tengah
  5. Koordinator beserta seluruh kelompok jabatan Fungsional Widyaiswara dan PTP
  6. Seluruh Pegawai ASN dan PPNPN di LPMP Jawa Tengah

 

Alhamdulillah, puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan petunjuk-Nya kepada kita semua, pagi hari ini kami dapat menyapa Bpk/Ibu seluruh pegawai LPMP Jawa Tengah melalui apel pagi tertulis. Walaupun tidak bisa hadir secara pribadi langsung dihadapan Bpk/Ibu, Insyaallah, apa yang kami sampaikan pagi ini bisa menjadi pengobat rindu untuk segera bertemu dengan Bpk/Ibu semua, bekerja bersama, ceria bersama, dan Insyaallah sukses bersama dalam rangka membawa nama baik lembaga kita tercinta LPMP Jawa Tengah. Teriring do’a semoga Bpk/Ibu selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam bekerja dan berusaha ditengah pandemi Coronavirus disease 2019 (COVID-19)

Bapak/Ibu pegawai LPMP Jawa Tengah yang selalu dalam lindungan Allah SWT Tuhan YME,

Sudah satu bulan lebih semenjak wabah Covid-19 ini menjadi pandemi di negara kita, Bpk/Ibu dan juga rekan-rekan dari seluruh satker pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagian besar telah Work From Home (WFH) atau istilah lazimnya dalam Bahasa Indonesia adalah Bekerja Dari Rumah (BDR). Kebijakan BDR merupakan kebijakan yang tepat untuk diimplementasikan dalam situasi seperti sekarang ini sebagai upaya bersama untuk meminimalisir dampak dan penyebaran serta kemungkinan resiko menularnya Covid-19. Akan tetapi sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat tentu ada tugas-tugas dan kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan dan memaksa kita untuk hadir dikantor dalam situasi seperti sekarang ini, tentunya hal ini harus kita sikapi dengan sebaik-baiknya agar pegawai yang  Bekerja Di Kantor (BDK) merupakan pegawai yang betul-betul mempunyai alasan dan kepentingan yang jelas untuk datang bekerja serta beraktifitas dikantor, dengan tetap mengedepankan produktifitas tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan keamanan melalui social distancing atau pembatasan sosial, physical distancing atau pembatasan fisik, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk itu, pada kesempatan yang sangat tepat ini, perkenankan kami menyampaikan sedikit informasi dalam Apel Pagi tertulis hari ini,Senin 20 April 2020.

 

  1. Bagi Bapak/Ibu yang Bekerja Di Rumah (BDR),

 Sebelum terjadi situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, BDR sebetulnya sudah merupakan bagian dari trend and outlook praktik manajemen sumber daya manusia yang semakin mengarah menjadi suatu pilihan di era digital ini, dimana Bpk/Ibu bisa mendapatkan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan, fleksibilitas tempat dan waktu, bahkan untuk meningkatkan produktifitas. Bagi organisasi atau lembaga, dengan BDR mendukung cara kerja secara kolaboratif untuk menghasilkan banyak hal positif antara lain inovasi dan kreatifitas antar unit, membangun budaya bekerja lebih cepat, dan mengembangkan kompetensi digital dengan memanfaatkan platform teknologi yang berkembang.

Tentu organisasi atau lembaga dalam hal ini LPMP Jawa Tengah ikut bertanggung jawab akan keberhasilan dari upaya ini melalui optimalisasi berbagai sumber daya yang ada. Dari sisi SDM, selama BDR, pimpinan mulai dari Kepala, Kabag/Kabid, Kasi dan Kasubbag sebagai atasan langsung masing-masing seksi/subbagian sudah melakukan pembagian tugas dan kewajiban kepada tiap-tiap pejabat struktural dan pelaksana di seksi/subbagian dan pembagian tugas dan kewajiban bagi kelompok jabatan fungsional, sesuai Nota Dinas Plt. Kepala LPMP Jateng No. 0224/C7.43.1/KP/2020  sebelum tanggal 21 April sudah dilaporkan.

Sedangkan dari sisi platform teknologi, lembaga sudah memfasilitasi sarana untuk melaporkan kehadiran secara daring melalui absen online untuk melaporkan keberadaan BDR dan mengunggah hasil kerja masing masing serta sarana komunikasi lain melalui video conference dll dalam mendiskusikan dan mendeseminasikan suatu kebijakan maupun informasi.

 

  1. Bagi Bapak/Ibu yang Bekerja Di Kantor (BDK),

 Seperti yang sudah kami sampaikan di awal, dalam situasi seperti ini, ada sebagian pegawai kita yang harus hadir di kantor untuk melaksanakan tugas dan kewajiban yang harus diselesaikan, tentunya hal ini harus kita sikapi dengan sebaik-baiknya agar pegawai yang  Bekerja Di Kantor (BDK) merupakan pegawai yang betul-betul mempunyai alasan dan kepentingan yang jelas untuk datang bekerja serta beraktifitas dikantor,dan kehadirannya juga dipantau melalui absen online BDK di: 10.11.12.23/absenbdk yang hanya bisa diakses melalui jaringan wifi yang ada dikantor. Adapun siapa yang BDK akan kami sampaikan informasinya kepada Bpk/Ibu pada akhir pekan/awal sebelum Bpk/Ibu bekerja pada minggu berikutnya melalui saluran resmi lembaga yang tersedia, selama masa BDR masih berjalan.Adapun berakhirnya masa BDR ini akan kami sampaikan menunggu sampai ada informasi resmi tentang berakhirnya masa BDR untuk kembali bekerja secara normal, sesuai dengan surat Plt Dirjen Paud, Dikdas, dan Dikmen No.3699/C/KP/2020  tanggal 19 Maret 2020 tentang prosedur pelaksanaan tugas Pegawai Ditjen Paud,Dikdas, dan Dikmen dalam rangka pencegahan dan penyebaran Covid-19.

Disisi lain selama masa pandemi Covid-19 baik bapak/ibu yang BDR maupun BDK khususnya yang ASN juga mempunyai kewajiban berkaitan dengan apa yang dikerjakan oleh masing-masing setiap hari dan menuliskan dalam log harian pada e-SKP masing-masing, dan pada akhir bulan selalu tepat waktu mengajukan nilai reasisasi dari SKP masing-masing.

  1. Informasi Lain-Lain,

Bpk/Ibu pegawai LPMP Jawa Tengah yang kami hormati,

Ditengah keprihatinan kita akan terjadinya pandemi Covid-19 ini, tentunya kita tidak boleh putus asa dan patah semangat dalam beraktifitas. Produktifitas selalu kita ciptakan dan kita tunjukkan melalui kinerja terbaik yang bisa kita lakukan. Seperti yang teragendakan dibawah ini, Bapak/Ibu jika berkesempatan mohon untuk bisa mengikuti webinar dengan topic: Manajemen file di Google Drive, dengan narasumber Bapak Drs. Sri Wasono Widodo, M.Pd Hari ini pkl 10.00-11.00 melalui aplikasi zoom. Untuk mengikuti webinar tsb, ikuti langkah sbb:

  • Buka aplikasi zoom: klik join meeting, masukan meeting ID: 872.5346.8554, password:54321. Bpk/Ibu bisa masuk mulai 09.15;
  • Jika sudah masuk, tunggu hingga host meng-ADMIT (approve);
  • JIka sudah masuk mohon mensetting speaker ke MUTE;

Kegiatan webinar akan rutin dilaksanakan, dan besok adalah putaran pertama.

Selain webinar informasi lain berkaitan rencana dan realisasi penyerapan anggaran T.A 2020, kami sajikan dalam gambar tabel dibawah sebagai lampiran.

Demikian Bpk/Ibu akhir dari materi apel pagi tertulis yang kami sampaikan.

Kami berharap kepada seluruh pegawai LPMP Jawa Tengah, di masa pandemi Covid-19 ini marilah kita selalu mengedepankan kinerja kita dengan tidak mengabaikan  aspek keselamatan,kesehatan dan keamanan kita dalam bekerja melalui melalui social distancing atau pembatasan sosial, physical distancing atau pembatasan fisik, selalu memakai masker penutup mulut, serta rajin mencuci tangan setelah memegang sesuatu benda dan yang terbaik adalah tetap tinggal di rumah jika tidak ada kepentingan. Ini semua dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Disamping itu mentaati himbauan dan larangan pemerintah untuk tidakmengambil cuti dan mudik ke kampung halaman pada saat lebaran nanti.

Dalam beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci bagi umat islam yaitu Ramadhan1441 H. Dalam kesempatan ini kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1441 H. Semoga kita beserta seluruh keluarga dapat menyambut dan mengisi datangnya bulan suci Ramadan 1441 H  dengan beribadah dan beramal tanpa ada ketakutan akan pandemi Covid-19. Kami berdo’a kepada-Mu Yaa Rabb semoga di bulan Ramadan ini, semua penyakit pada umumnya dan yang berkaitan dengan Covid -19 pada khususnya diangkat Allah SWT, dihilangkan dan disembuhkan bagi yang sakit sehingga kita dapat beribadah dengan lebih khusyu’ dan tawadu’. Aamiin YRA.

Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

                                                                        Salam Hormat,

                                                                        Kepala subbagian TL dan Kepegawaian

                                                                        Untung Setyo Wibowo