Hari ini, 26 Mei 2020 apel pagi kembali dilaksanakan secara daring, yang bertindak sebagai pengambil materi adalah Kepala Seksi Pendidikan Dasar, Dedy Gunawan, M.Ed. Berikut isi materi apel pagi selengkapnya

 

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Yang terhormat Pelaksana Tugas Kepala LPMP Jawa Tengah, Bapak Drs. Harmanto, M.Si.

Yang kami hormati

  1. Kepala Kepala Bagian Umum, Ibu Nugraheni Triastuti, S.E., M.Si.
  2. Kepala Bidang FPMP, Bapak Dr. Tartib Supriyadi, S.IP., M.Pd.
  3. Kepala Bidang PSMP, Ibu Dr. Sri Widarti, M.Pd.
  4. Kepala seksi dan kepala sub bagian di LPMP Jawa Tengah
  5. Kelompok jabatan fungsional Widyaiswara dan PTP
  6. Teman-teman ASN dan PPNPN LPMP Jawa Tengah

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah subhanahu wata’ala, tuhan yang maha kuasa, karena atas ridho-Nya kita senantiasa diberi nikmat kesehatan, hidayah dan innayah.

Masih di suasana Hari Raya, kami sampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H bagi Bapak/Ibu yang merayakannya. Kami do’akan semoga Allah subhanahu wata’ala menerima amalan kita semua (Taqobalallohu minna wa minkum). Mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan kami di masa yang telah lalu. Perkenankan pada kesempatan yang membahagiakan ini kami menyampaikan beberapa hal:

  1. Kebijakan BDR

Karena adanya pandemic Covid-19, pemerintah masih memberlakukan kebijakan Bekerja Dari Rumah (BDR) bagi seluruh ASN. Adapun saat ini kita masih mengacu pada PermenPAN RB No. 54 Tahun 2020, yang menyatakan BDR masih berlanjut hingga 29 Mei 2020. Terkait aktifitas BDR/BDK setelah tanggal 29 Mei 2020, kita menunggu kebijakan selanjutnya.

BDR, sebagaimana kita ketahui bersama, adalah memindahkan kewajiban bekerja yang biasanya dilaksanakan di kantor menjadi di rumah, tentu saja dengan menyesuaikan strategi dan metode pelaksanaannya.

Kami juga menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada Bapak/Ibu, karena telah bersabar dengan mematuhi himbauan dari pemerintah untuk tidak mudik di hari Raya Idul Fitri 1441 H, menahan kerinduan kepada keluarga di kampung halaman (berdasarkan SE MENPAN RB No 46/2020 atas perubahan MENPAN RB No 36/2020 tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik bagi ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19).

Kami ingatkan kepada Bapak/Ibu, baik yang BDR maupun yang BDK, untuk mengisi SKP di pekan terakhir bulan Mei ini. Pada sistem yang baru, laporan realisasi yang insya Allah harus kita unggah pada tanggal 29 Mei, harus didahului dengan pengisian Log Harian yang lengkap.

 

  1. Kegiatan LPMP Jawa Tengah

Kegiatan yang akan dilaskanakan oleh LPMP Jawa Tengah pada pekan ke 4 bulan Mei ini adalah sebagai berikut:

a. Rabu, 27 Mei 2020

– Diskusi Kelompok Terpumpun Kabupaten Cilacap, dimulai pukul 08.00

– Diskusi Kelompok Terpumpun Kabupaten Demak, dimulai pukul 13.00 WIB

b. Kamis, 28 Mei 2020

– Diskusi Kelompok Terpumpun Kabupaten Grobogan, dimulai pukul 08.00

– Diskusi Kelompok Terpumpun Kabupaten Jepara, dimulai pukul 13.00 WIB

c. Jumat, 29 Mei 2020

– Diskusi Kelompok Terpumpun Kabupaten Karanganyar, dimulai pukul 08.00

– Diskusi Kelompok Terpumpun Kabupaten Kebumen, dimulai pukul 13.00 WIB

d. Acara Hikmah Ramadhan di Masa Pandemic: Cerita Inspiratif Guru dan Murid

Kami juga mengajak Bapak/Ibu mengikuti acara “Hikmah Ramadhan di Masa Pandemic: Cerita Inspiratif Guru dan Murid” bersama Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, Selasa 26 Mei 2020, pukul 10.00, melalui TVRI atau live streaming Youtube Kemdikbud.

 

  1. Sekilas tentang New Normal

a. Pengertian secara Umum

Setelah hampir tiga bulan kita hidup di antara wabah Covid 19, rupa-rupanya muncul pola kehidupan baru yang sebelumnya tidak ada. Misalnya kita mulai terbiasa untuk memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan yang lebih sering, mulai terbiasa menjaga jarak ketika berbincang-bincang, menghindari bersalaman, dan lain sebagainya.

Itulah new normal life, kebiasaan-kebiasaan baru yang lambat laun menjadi normal dalam kehidupan kita, padahal sebelumnya tidak pernah kita lakukan. New normal terjadi disebabkan oleh kejadian yang luar biasa, seperti perubahan teknologi, krisis ekonomi, krisis sosial dan krisis Kesehatan seperti wabah Covid 19 yang saat ini sedang melanda dunia.

b. New Normal di Bidang Pendidikan

New normal di bidang Pendidikan juga menjadi sebuah keniscayaan. Aktifitas pembelajaran dari rumah sudah berjalan setidaknya dua bulan. Selama itu pembelajaran dilaksanakan dalam jaringan dengan memanfaatkan tekonolgi yang ada dengan menyesuaikan kompetensi guru dalam penggunaan IT. Berikut ini hasil survei LPMP Jawa Tengah terkait kegiatan Pembelajaran dari Rumah:

– Platform Pembelajaran yang Digunakan Guru

– Perangkat yang Digunakan Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran

– Jaringan Internet yang Digunakan Siswa

– Persepsi Siswa tentang Kemudahan Pembelajaran Online

– Persepsi Siswa Tentang Seberapa Menyenangkan Pembelajaran Online

– Persepsi Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran Guru

– Peran Orang Tua (Orang Tua Mendampingi Anaknya selama Pembelajaran Daring)


 

c. Protokol New Normal

Agar Pendidikan, perekonomian, tatanan kehidupan sosial, transportasi dan sektor lainnya bisa tetap berjalan dengan baik, maka pemerintah sedang mempersiapkan standar dan protokol-protokol penerapan the new normal.

Wacana perlunya standar dan protokol new normal di bidang Pendidikan sudah menjadi perbincangan hangat di media-media massa elektronik. CNN Indonesia misalnya, menyatakan bahwa untuk mengembalikan guru dan siswa kembali ke sekolah di bulan Juli atau Desember 2020 perlu diikuti dengan penyusunan standar dan protokol yang baik, agar kesehatan KS, guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran di sekolah dapat terjamin.  Salah satu contoh standar yang mungkin perlu penyesuaian adalah terkait standar jumlah siswa per kelas. Contoh protokol yang bisa dikembangkan adalah terkait pemakaian masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak pada saat aktifitas di sekolah (CNN Indonesia, 2020).

Mudah-mudahan protokol new normal di bidang pendidikan yang saat ini masih digodok bisa memberikan panduan yang bermanfaat bagi guru dan siswa baik dalam upaya melindungi kesehatan guru dan siswa sekaligus mempertahankan bahkan memperbaiki mutu pembelajaran.

 

  1. Penutup

Demikian teks apel pagi yang singkat ini kami persembahkan. Kami mengajak kepada seluruh ASN dan PPNPN LPMP Jawa Tengah untuk berupaya meningkatkan kualitas kerja dalam upaya melayani stakeholder pendidikan di Jawa Tengah, meskipun mayoritas aktifitas pekerjaan kita dilaksanakan di rumah masing-masing.

 Mari kita selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan di manapun kita beraktifitas. Semoga Bapak/Ibu semuanya senantiasa dikaruniai kesehatan dan keberkahan hidup oleh Allah subhanahu wata’ala. Aamiin.

Terima kasih.

Bila hi taufiq wal hidayah wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

                                                                        Salam hormat,

                                                                        Kepala Seksi Pendidikan Dasar

                                                                        Dedy Gunawan, M.Ed