PENINGKATAN MOTIVASI DAN KOMPETENSI MENYUSUN SILABUS BERBASIS PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU SMPN 2 JATIPURNO WONOGIRI

 

Sudaryatni

Kepala SMPN 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri

 
 

ABSTRAK

 Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan kompetensi dalam menyusun silabus terintegrasi dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui pembinaan akademis bagi guru SMPN 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan kurang lebih empat bulan, Juli sampai dengan September 2019. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah guru-guru Mata Pelajaran di SMPN 2 Jatipurno sebanyak 12 orang dari total seluruh guru 24 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah: data primer yang didapat dari hasil observasi dan tes tulis pada guru mata pelajaran SMPN 2 Jatipurno dengan lembar observasi dan butir tes yang dilakukan oleh peneliti. Proses penelitian tindakan sekolah menggunakan 2 siklus terdiri atas empat tahap pokok, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi akademik dengan tindak lanjut pembinaan akademik dapat meningkatkan motivasi menyusun silabus berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa. Melalui supervisi akademik dengan tindak lanjut pembinaan akademik dapat meningkatkan kompetensi menyusun silabus berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa bagi guru SMPN 2 Jatipurno Semester 1 Tahun 2019/2020.
 
Kata kunci: motivasi, kompetensi menyusun silabus dan supervisi akademik