PENGGUNAAN KOLASE MM BERBASIS HOTS MELALUI PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EXPLANATION TEXT PESERTA DIDIK KELAS XI. MIPA.3

SMA N 1 BERGAS SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

 

Lestari Ambar Sukesti

SMA N 1 Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah,

 
 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis Explanation Text peserta didik kelas XI.MIPA.3 SMAN 1 Bergas dengan menggunakan Kolase MM berbasis HOTS melalui PBL. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 peserta didik yang terdiri dari 22 perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Kolase MM merupakan akronim dari Kolaborasi Sumbang Ide dengan Mind Mapping melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis HOTS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes performa, observasi dan dokumen. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Kolase MM Berbasis HOTS melalui PBL dapat meningkatkan keterampilan menulis Explanation text, sikap berpikir kritis dan kreatif, serta keativitas peserta didik. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 40,62 menjadi 68,8 pada siklus I dan meningkat menjadi 88,8 pada siklus II. Hasil tes keterampilan menulis pada kondisi awal sebesar 54,2 meningkat menjadi 71,55 dan 81,55 pada siklus I dan siklus II. Hasil perubahan tingkah laku yang berupa sikap berpikir kritis dan kreatif meningkat dari kondisi awal sebesar 45,25 menjadi 68,38 pada siklus I dan 83,65 pada siklus II. Kreativitas peserta didik dalam bentuk pembuatan produk juga meningkat dari kondisi awal sebesar 46,75 meningkat menjadi 70,2 pada siklus I dan 79,74 pada siklus II.

 

Kata kunci: Kolase MM, Kreativitas, PBL, Explanation text