PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MASSED PRACTICE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE PENDEK DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS BAGI SISWA KELAS V SDN 2 KUWU KRADENAN GROBOGAN

 

Totok Warsito

Guru Mapel PJOK SDN 2 Kuwu Kec. Kradenan Kab. Grobogan

 

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis pendek dalam bulutangkis dan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani dengan metode pembelajaran massed practice pada siswa kelas V SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sejumlah 23 anak terdiri dari laki-laki 9 orang dan perempuan 14 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran massed practice dapat meningkatkan hasil belajar servis pendek dalam bulutangkis dan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas V SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Ada peningkatan hasil belajar keterampilan servis pendek dalam bulutangkis pada siswa kelas V SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020, setelah diterapkan metode pembelajaran massed practice. Metode pembelajaran massed practice dapat meningkatkan keterampilan servis pendek dalam bulutangkis pada siswa kelas pada siswa kelas V SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

 

Kata kunci: Massed Practice, hasil belajar service pendek, permainan bulutangkis