UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI IN HOUSE TRAINING BAGI GURU SD NEGERI SUMBERMULYO BULU REMBANG

 

Rachmad Widodo

Kepala SD Negeri Sumbermulyo Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan mutu pembelajaran dengan melalui In House Training bagi Guru SD Negeri Sumbermulyo Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Manfaat penelitian diberikan kepada siswa, pendidik dan kepala sekolah. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri Sumbermulyo Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang yang berjumlah 8 orang. Penelitian terdiri atas 2 siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik tes, dokumen, wawancara, dan pengamatan yang didukung dengan instrumen yang relevan kemudian data dianalisis. Supervisi Kepala Sekolah dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran guru melalui In House Training oleh Kepala Sekolah menunjukkan peningkatan pada tiap-tiap siklus. Aktivitas dalam kegiatan pembelajaran menunjukan bahwa guru dapat meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran dengan baik dalam setiap aspek. Nilai rata-rata mutu pembelajaran dari Pra Siklus ke siklus I peningkatannya tidak terlalu tinggi, yaitu dari nilai rata-rata 74,56 menjadi 75,85. Sedangkan ketuntasan dari semula 25% naik menjadi 75%. Sedangkan dari siklus I ke siklus II ada peningkatan nilai rata-rata mutu pembelajaran semula 75,85 meningkat menjadi 78,80. Nilai ketuntasan juga meningkat dari semula 75% meningkat menjadi 100%.

 

Kata kunci: mutu pembelajaran, In House Ttraining