PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KOORDINAT KARTESIUS MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

 

Eminingsih

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Gringsing

 
 

ABSTRAK

Penelitian ini berawal dari kurangnya aktivitas dan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Batang. Tujuan dari penelitian ini meningkatan aktivitas dan prestasi belajar  Matematika materi Koordinat Kartesius menggunakan metode mind mapping berbantuan video pembelajaran pada siswa kelas VIII A SMP  Negeri 3 Batang semester I tahun pelajaran 2019/2020.  Hasil dari penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dari kondisi awal 76,56% menjadi 83,07% siklus I, dan 90,10% pada siklus II. Prestasi belajar meningkat dengan nilai rata-rata kelas dari kondisi awal 71,31, menjadi 81,66 siklus I, dan 88,03 siklus II. Ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari kondisi awal 43,75%, menjadi 81,25% pada siklus I, menjadi 93,75% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan metode mind mapping berbantuan video pembelajaran dapat meningkatan aktivitas dan prestasi belajar Matematika materi Koordinat Kartesius.

 

Kata Kunci : Aktivitas belajar, prestasi belajar, metode mind mapping, video pembelajaran