PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID- 19 SMP NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Tarno

Kepala SMP Negeri 3 Cilacap Kabupaten Cilacap

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam (1) Menyusun perencanaan pembelajaran daring, (2) melaksanakan pembelajaran daring dan 3) menilai hasil belajar daring di SMP Negeri 1 Maos Kabupaten Cilacap dengan metode kualitatif pendekatan deskriptif yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan signifikan kinerja guru dalam menyusun RPP. Hasil uji kompetensi pada prasiklus menunjukkan nilai rata-rata kelompok sebesar 68,84 dalam kategori cukup. Pada siklus I nilai rata-rata kelompok meningkat menjadi 76,96 dalam kategori baik. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 86,23 dan termasuk dalam kategori baik sekali. Pada keterampilan mengelola pembelajaran daring masa Pandemi Covid-19 peningkatan terjadi setelah supervisi klinis dilaksanakan. Pada kondisi awal (prasiklus) keterampilan guru mengelola pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi baru mencapai 68,85 dalam kategori cukup, kemudian meningkat menjadi 74,62 pada siklus I dalam kategori baik dan pada akhir pelaksanaan tindakan menjadi 87,12 dalam kategori baik sekali. Sedangkan pada keterampilan melaksanakan penilaian hasil pembelajaran, peningkatan tersebut antara lain, (a) prasiklus baru mencapai 68,00 dalam kategori cukup,

(b) siklus I mencapai 78,00 dengan kategori baik, dan (c) siklus II mencapai 88,40 dengan kategori baik sekali. Pelaksanaan pembinaan dengan supervisi klinis yang dilakukan Kepala Sekolah terhadap guru-guru SMP Negeri 1 Maos sangat efektif karena mampu meningkatkan kinerja guru-guru dalam (a) menyusun program pembelajaran (RPP), (b) melaksanakan pembelajaran, dan (c) melaksanakan penilaian hasil belajar pada masa Pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan media dan perangkat internet.

 

Kata kunci: supervisi klinis, kinerja guru, pembelajaran daring