PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS TABUNG DAN LUAS KERUCUT SISWA KELAS IXA SEMESTER II SMP NEGERI 2 COMAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

Suwarni

Guru SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, besarnya peningkatan hasil belajar, dan perubahan perilaku dalam penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstual pada materi luas tabung dan luas kerucut siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Comal semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh dari membandingkan pra siklus, siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan penelitian diukur dengan kriteria ketuntasan klasikal minimal 85%, hasil belajar siswa minimal 72. Pada pra siklus hasil belajar adalah 64,29 dengan KKM 72 dan siswa yang tuntas 43%. Pada siklus I hasil belajar siswa adalah 64,53, keaktifan siswa 60,63% dengan KKM 72 siswa yang tuntas 56%. Siklus II hasil belajar siswa adalah 77,03, keaktifan siswa 74,69% dengan KKM 72 siswa yang tuntas 88%. Dari data di atas terjadi peningkatan baik rata-rata hasil belajar maupun keaktifan siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, pendekatan kontekstual, hasil belajar.