PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI PELATIHAN TERBIMBING BAGI GURU SDN 2 PATUKANGAN KENDAL
Ninik Chaeroni
Kepala SDN 2 Patukangan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal
ABSTRAK
Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan kompetensi menyusun RPP jarak jauh melalui pelatihan terbimbing bagi guru SDN 2 Patukangan Kendal semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Patukangan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 (Juli s.d. September 2020). Subjek penelitian adalah guru berjumlah 9 orang yang terdiri dari 7 guru kelas dan 2 orang guru mata pelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 3 kali pertemuan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perolehan rata-rata skor kompetensi menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh siklus I sebesar 4,2 (kategori baik) dengan 22,2% guru yang mendapat kategori sangat baik, meningkat menjadi 4,7 (kategori sangat baik) dengan 88,88% guru yang mendapat kategori sangat baik pada siklus II. Aspek aktivitas guru dalam mengikuti pelatihan terbimbing penyusunan RPP juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 4,3 (kategori baik) dengan 33,30% guru yang mendapat kategori sangat baik, meningkat menjadi 4,7 (kategori sangat baik) dengan 88,90% guru yang mendapat kategori sangat baik pada siklus II.
Kata kunci: kompetensi, RPP dan pelatihan terbimbing